Pages

Sunday, January 2, 2011

Membuat Account Gmail

Bagi sohib yang masih kesulitan membuat akun gmail, sekarang ane akan jelasin langkah demi langkah. Pada postingan ane yang lewat sudah dibahas cara membuka link ke gmail.com dan membuka halaman formulir pendaftaran account gmail. Setelah halaman formulir terbuka, kita tinggal mengisi formulir tersebut, misalnya seperti contoh di bawah ini:

Untuk kotak isian nama depan dan nama belakang, tulis aja nama depan sohib yang sebenarnya. Kalo nggak punya nama belakang, dikosongkan aja. Bisa juga pinjem nama babe, marga, atau nama yang lainnya. Terus, tulis nama email yang diinginkan. Sebaiknya nama email yang agak mirip-mirip sama nama sohib sendiri, kemudian klik kotak "Cek ketersediaan". Kalo tersedia, akan muncul nama email sohib berwarna biru di bawah kotak cek tersebut, kalo nggak muncul berarti sohib harus menulis pilihan nama email lain yang diinginkan sampai muncul.

Kalau sudah muncul nama email yang tersedia, sohib diminta menuliskan password yang diinginkan. Tulis apa aja, suka-suka sohib, lah....yang penting diinget. Sebaiknya gunakan paduan huruf, karakter, dan angka. Susah mengingatnya? yaa....ketik aja di word dan disimpan di file pada komputer sohib. Kalau lupa, kan tinggal buka filenya, copy dan faste pada kotak login nanti...beres, dech!

Nah, kalo sudah buat sandi atau password, selanjutnya sohib mengisi daftar pertanyaan rahasia. Sohib bisa pilih sendiri pertanyaannya, apakah nama temen kecil, nama guru, nama menejer, nomor telepon, nomer plat kenderaan/mobil, atau membuat pertanyaan sendiri...pokoknya suka-suka sohib, lah! Namun, yang terpenting jawaban tersebut harus tetap diingat. Sebab, sewaktu-waktu sohib lupa password dan minta dikonfirmasi, maka jawaban pertanyaan rahasia inilah yang akan diminta gmail. Untuk kotak "Email pemulihan" biarkan tetap kosong.
Selanjutnya, sohib ketik huruf-huruf pada kotak verifikasi kata sesuai huruf-huruf/karakter yang ditampilkan dengan warna hijau, kemudian klik kotak "Saya menerima. Buat akun saya".

Kalau diklik ternyata masih nggak mau, berarti sohib harus memeriksa sekali lagi kesalahan-kesalahan yang ditunjukkan dengan tulisan warna merah. Mungkin password pada kotak permintaan kembali tidak cocok dengan password yang sohib ketik sebelumnya, bisa juga kesalahan menulis huruf/karakter pada kotak verifikasi kata. Jika semua keslahan-kesalahan sudah diperbaiki, selanjutnya klik kembali kotak "Saya menerima. Buat akun saya", maka akan tampil halaman ucapan selamat dari gmail.

Oke, berarti sohib sudah punya akun gmail. Langkah apa selanjutnya? Tunggu saja pada episode yang akan datang......ceqiqiqiiii......kayak senetron aja....

No comments:

Post a Comment