Pages

Sunday, January 2, 2011

BLOGGING, YUUUKKK...........!!!! (Part 3)

Nah, kalau sohib sudah memiliki akun gmail, sekarang saatnya kita mendaftar ke blogspot.com. Caranya mudah banget, tinggal buka halaman blogger.com, lalu klik tombol "Create a Blog" atau "Ciptakan sebuah Akun Google", kemudian isilah formulir pendaftaran yang muncul.

 Masukkan alamat email sohib sesuai dengan akun gmail yang baru ente dapet, trus isikan juga password yang diminta. Antara password blogger sama password gmail boleh sama boleh juga nggak, tapi sebaiknya sama aja dech….coz biar mudah ngingetnya, githo!

Trus pada kotak tampilan “Nama Tampilan”, ketik nama sohib, kemudian pada kotak “Verifikasi Kata”, sohib ketik sesuai dengan teks yang tampil di gambar. Beri tanda centang pada “Saya menerima Persyaratan dan Layanan”, lalu klik tombol “LANJUTKAN”.

Jika terjadi kesalahan mengisi kotak formulir akan diberitahukan dengan tulisan yang berwarna merah. Perbaiki kesalahan-kesalahan tersebut dan setelah sohib yakin sudah benar, klik lagi tombol “LANJUTKAN”.

 Setelah itu, sohib akan diminta memverifikasi data sohib. Pilih opsi verifikasi, apakah menggunakan SMS atau Panggilan suara. Kalau boleh ane sarankan make panggilan suara aja, coz by SMS kadang-kadang nggak nyampe apalagi kalau sohib make kartu plexi. Trus pilih negara sohib dan ketik nomor ponsel yang akan dihubungi oleh pihak blogger nantinya. 

Sebelum sohib meminta kode verifikasi, ada baiknya mempersiapkan ponsel yang akan dihubungi oleh blogger, kertas, dan pulpen. Nah, kalau sudah siap baru sohib klik tombol “Kirim kode verifikasi ke ponsel saya”. Dengarkan angka-angka yang disebutkan “cewek blogger” (biasanya terdiri lima angka) kemudian salin di kertas. “Cewek” tersebut menyebutkan 2 kali dan diakhiri dengan kata “Bye,bye”. Setelah itu, angka-angka tersebut diketik di kotak verifikasi yang tersedia dan klik “Verifikasi”.


Pada tampilan berikutnya, isikan judul blog sohib dan susunan alamat URL yang diinginkan. Alamat URL ini akan digunakan untuk mengakses blog ente nantinya. Tentang apa itu URL, ntar ane jelaskan pada kesempatan yang lain, pokoknya sohib ikuti aja dulu petunjuk ane sampai blognya jadi. Soal mengutak-atik blog gampang aja nanti, asal sohib ikuti terus postingan ane, insyaAllah bisa…. O, iya….kita lanjutkan lagi, ya?


Cek ketersediaan alamat URL, ini memastikan siapa tahu nama alamat URL sohib sudah ada yang memiliki, maksud ane sudah dipake orang. Jadi sohib harus mengetik alamat URL diinginkan yang lain lagi. Jika sudah tersedia, klik tombol “LANJUTKAN”.


Kemudian sohib pilih template awal halaman blog ente, pilih suka-suka sohib aja, nanti juga bisa diubah sesuai dengan keinginan sohib. Klik lagi tombol “LANJUTKAN” untuk melanjutkan pembuatan blog.


Naaahhh…. Sekarang blog sohib sudah siap. Klik aja tombol “MULAI BLOGGING” untuk mulai ngeblog by blogspot. Sohib sudah dapat memulainya dengan posting, tapi untuk urusan posting nanti aja kita bahas pada postingan yang lain…..

No comments:

Post a Comment