Pages

Monday, January 3, 2011

Tip Membuat Blog yang Bagus

Bagaimana membuat blog yang bagus? Ane kadang-kadang juga bingung, bro....masalahnya yang namanya "BAGUS" itu kan relatif. Menurut ane yang bagus begini, belum tentu yang bagi yang lain. Sama halnya dengan milih bini, menurut ane bini ane cantik tapi kan belum tentu menurut ente....cekikikiki...weleehhh koq malah ngelantur masalah bini.

Memang agak sulit juga, walaupun aksesoris blog banyak yang menyediakan, mulai yang berbayar sampai yang gratisan. Tapi kalo terlalu banyak make, loading pagenya jadi lemot....dan blog yang lambat terbuka akan ditinggalkan orang. Dalam hal ini, ane punya kriteria...tapi sekali lagi ini hanya menurut pemahaman ane yang sempit, kalo sohib ada tambahan, silakan ditambah biar memperluas pemahaman kita.

Blog yang bagus itu adalah blog yang mudah dan cepat dibuka. Terlalu banyak memakai aksesoris (widget) membuat loading page suatu blog jadi lambat. Loading page blog yang lambat akan ditinggal reader, jadi pada akhirnya nggak bagus kan? Tetapi ane nggak menyarankan kalau nggak make samasekali, yaahh...pakailah satu atau dua aksesoris biar tampil cantik.

Yang lebih utama diperhatikan adalah isi posting di blog sohib. Isi posting harus menarik, pas, dan pantas buat target reader blog ente. Kalau sohib mempunyai blog dengan target anak-anak muda, pastikan isi posting yang sesuai dengan selera mereka, misalnya tentang cinta, handphone terbaru, masalah facebook, atau yang lainya.

Selalu up to date dengan postingan baru yang menarik. Hal-hal apa yang menarik sekarang ini? Untuk mengetahuinya, sohib bisa mengunjung Google Adword. Di sana banyak hal-hal yang menarik dan hangat sebagai bahan postingan sohib.

Tak kalah penting dari semua itu adalah tampilan blog sohib sendiri. Blog yang bagus harus memiliki layout, warna, bentuk, dan tipografi yang menarik. Sohib dapat mendesain atau mengubah tampilan blog pada template designer di dashboard blog ente. Di situ banyak pilihan yang disediakan, mulai dari tampilan template, background, layout, warna dan lain-lain. Pokoknya suka-suka sohib lah mengaturnya....yang terpenting, secara keseluruhan blog sohib nyaman dipandang biar reader jadi jatuh cinta.....hehehehh.

No comments:

Post a Comment