Pages

Tuesday, November 23, 2010

PINTAR tidak menjamin kesuksesan.


Kesuksesan bukan terletak sepenuhnya pada kecerdasan kognitif. Banyak orang-orang yang sukses sekarang ini jika kita lihat nilai mereka pada saat mereka sekolah, hanya pas-pasan saja. Sebaliknya, ada juga orang yang sewaktu sekolah sering dapat juara, tetapi sekarang malah tidak memiliki sesuatu yang dapat menjamin kehidupannya.

Sejak berpuluh-puluh tahun kita percaya bahwa kecerdasan intelektual merupakan segala-galanya dalam kehidupan seseorang di segala bidang. Namun beberapa tahun  belakangan ini pendapat tersebut menjadi tanda tanya besar, lebih-lebih kecerdasan kognitif saja tidak memberikan sumbangan terhadap keberhasilan baik dalam pendidikan atau pengembangan kualitas kehidupan. Maka muncullah istilah kecerdasan emosional yang merupakan tumpuan harapan keberhasilan hidup seseorang.

Istilah kecerdasan emosi adalah kemampuan seseorang untuk dapat memotivasi diri sendiri dan mampu mengatur suasana hati sehingga tidak mempengaruhi kemampuan berpikir. Tanpa kecerdasan emosional yang sehat, seseorang akan mudah dikuasai oleh napsu yang mengalahkan daya nalar sehingga menjadi lebih emosional, salah langkah, dan akhirnya menyesali perbuatannya.

Berikut ini beberapa norma kecerdasan emosional.
1. Pengenalan emosi diri 
Pengenalan emosi diri adalah kemampuan menunjukkan kesadaran diri atau pengenalan terhadap perasaan yang dialami sehingga mampu mengendalikan kehidupan. 
2. Pengendalian emosi
Kemampuan menunjukkan bagaimana mengendalikan emosi yang terlalu dalam yang dapat mengganggu stabilitas kehidupan seseorang agar dapat seimbang.
3. Memotivasi diri sendiri
Yaitu mengatur emosi penting agar seseorang dapat memusatkan perhatian dan memotivasi diri menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai apa yang dicita-citakan.
4. Mengenali emosi orang lain
Yaitu mampu membaca tanda-tanda dan mengerti perasaan serta emosi orang lain, sehingga mampu menyesuaikan sikap dan tindakan dengan kecenderungan yang ditampilkan orang lain.
5. Mengendalikan hubungan dengan orang lain
Yaitu kemampuan untuk menjaga hubungan dengan sesama, maupun mengenali emosi setiap orang serta mengendalikannya.
Apabila kita mampu mengembangkan kelima macam kecerdasan tersebut, maka kesuksesan akan siap menanti kita.

No comments:

Post a Comment