Pages

Tuesday, August 24, 2010

SUMBER HUKUM ISLAM DAN AL – QUR’AN

A.        Pengertian Al – Qur’an
            Al – Qur’an sebagai wahyu dan mukjizat terbesar Rasulullah SAW  yang mempunyai dua pengertian, yaitu  pengertian secara bahasa dan pengertian menurut istilah.
            Al – Qur’an menurut bahasa adalah “bacaan” atau “yang dibaca”. Kata Al – Qur’an adalah entuk mashdar dari fi’il “qara’q” yang diartikan dengan arti isim maf’ul yaitu yang dibaca atau bacaan.
            Pengertian Al – Qur’an menurut istilah ialah nama bagi Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

B.        Kedudukan Al – Qur’an dalam Islam
            Al – Qur’an tidak disangsikan lagi bagi umat Islam sebagai sumber dasar-dasar hukum Islam, beserta cabang-cabangnya yang digali.

C.        Sumber Pokok Ajaran Islam
            Allah SWT telah menjelaskan dengan firman-Nya antara lain  “ Dan kami turunkan kepadamu Al Kitab ( Al – Qur’an ) untuk menjelaskan segala sesuatu” (QS An – Nahl : 89)
            Di dalam Al – Qur’an Allah menerangkan kaidah-kaidah syariat serta hukum-hukumnya yang cocok untuk diterapkan di segala zaman dan tempat, serta diperuntukkan bagi seluruh umat manusia, tidak dibatasi untuk suatu golongan atau suatu bangsa saja.


D.        Pokok-Pokok Isi Al – Qur’an
1. Masalah Aqidah
            Aqidah ialah tauhid artinya kepercayaan terhadap ke Esaan Allah SWT. Oleh karena itu Islam disebut juga agama tauhid. Allah berfirman dalam Surat Al – Baqarah ayat 163 :
Artinya “ Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada Tuhan yang disembah melainkan Dia Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”.
2. Masalah Ibadah
Ibadah adalah bentuk pengabdian seorang hamba sebagai  rasa terima kasih atas segala nikmat yang diterimanya dari Sang Pencipta ( Al – Khaliq ).
3. Masalah Muamallah
Muamallah adalah tata cara hubungan manusia dengan sesama nya dalam berbagai aspek kehidupannya, seperti hubungan sosial, politik, ekonomi dan perdagangan. Hubungan antara manusia dalam bahasa Al – Qur’an disebut “habluminannas”. Sedangkan hubungan manusia dengan Allah disebut “habluminallah”.
4. Masalah Akhlak
            Arti akhlak secara umum adalah sikap, tingkah laku, norma atau budi pekerti. Di antara ayat yang berisi pokok-pokok akhlak yang baik ialah ayat 90 surat An Nahl,  yang artinya : “ Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu            dapat mengambil pelajaran”
5. Masalah Hukum
            Yang dimaksud dengan hukum di sini  adalah aturan Allah untuk kepentingan kebaikan umat manusia.
            Hukum-hukum yang terkandung dalam Al – Qur’an dapat dibagi menjadi 3 macam :
a.       huklum tentang aqidah / keimanan
b.      Hukum akhlak /moral
c.       Hukumtentang perbuatan manusia.
6. Masalah Sejarah
            Masalah sejarah di sini yaitu riwayat umat-umat terdahulu untuk dijadikan pelajaran bagi umat Islam sekarang. Al – Qur’an menjelaskan hal ini dalam ayat 11 Surah Yusuf yang artinya :
            “ Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang yang mempunyai akal “

Kesimpulan :
            Beberapa pembahasan di atas menjelaskan bahwa Al – Qur’an merupakan kitab suci yang berisikan kebenaran dan pedoman bagi manusia. Al – Qur’an memberikan petunjuk agar manusia  tidak tersesat hidupnya. Kemudian membawa berita yang menggembirakan bagi orang beriman dengan balasan pahala yang besar. Bagi siapa saja yang melakukan amal shaleh maka pasti dibalas oleh Allah SWT sesuai amal kebajikannya.

No comments:

Post a Comment